Cara mudah kembalikan data yang hilang (Data Recovery Guide)

PhotoRec seteleh selesai recover

PhotoRec seteleh selesai recover

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami disk crash pada Mac saya, karena kurang yakin dengan apple time machine saat itu (karena baru pertama kali pakai) saya ingin memvalidasi apakah data yang di time machine dapat di restore seperti sediakala ? lalu dengan demikian saya mengorbankan 1 usb disk saya yang berkapasitas besar, dan saya gunakan untuk merestore operating system tersebut.

Lalu permasalahanya adalah ketika saya baru menyadari kalau disana ada beberapa file yang belum saya , dan otomatis tersebut sudah terformat dalam format mac. Saya pun menyesalkan kejadian tersebut dan berniat ingin merecovery tersebut karena didalamnya terdapat dokumentasi photo yang cukup banyak.

Hal yang saya lakukan pertama adalah, membiarkan disk tersebut apa adanya, lalu saya download WinTestDisk, software ini mampu mengenali berbagai jenis file system format, dan juga memperbaiki disk yang lost cluster, error, dan cross linked dengan mudah, apalagi ketika anda tiba tiba mengalami disk partition windows anda tiba tiba “unallocated“, mungkin saja disk anda ada yang error, dan dengan ini dapat memperbaiki hal tersebut, salah satu fitur lain dari TestDisk ini adalah PhotoRec, software ini mampu membaca ulang blok harddisk anda seperti semula, anda hanya perlu mengetahui apakah format disk anda sebelum anda kehilangan data.

Tools gratisan ini bukan hanya mampu memperbaiki dan merecover disk anda yang rusak namun juga dapat merecover dari image file, dan juga media CD/DVD/VCD dan berbagai jenis memory card.

Sebelum anda menggunakan software ini, anda diharuskan memiliki disk lain untuk menampung raw data yang akan di keluarkan oleh photorec, photorec ini tidak dapat menyimpan data tersebut pada disk yang sedang anda coba untuk recover, sehingga dengan demikian anda harus memiliki disk lain yang setidaknya sama dengan kapasitas disk anda sebelumnya.

Untuk menjalankan software ini juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk itu lebih baik anda tinggal tidur semalaman, sehingga jika anda ingin memulainya waktu yang terbaik adalah malam, dan meninggalkanya untuk mengerjakan semua proses, ketika proses selesai sekarang tugas berikutnya adalah browsing files hasil tersebut, karena tidak menutup kemungkinan file file yang tidak anda inginkan akan hadir disitu, untung nya, saat sebelum proses selesai anda dapat memilih file extension apa yang ingin anda recover. Setidaknya dari keseluruhan proses menjalankan photorec ini ada 10 langkah untuk menyelesaikan semua ini, proses recovery yang akan memakan waktu paling lama.

Kalau disk anda terformat dan ingin mengembalikanya seperti semula (seperti sebelum terformat) sebagai contoh untuk windows, maka anda dapat menggunakan testdisk:

  • Jalankan TestDisk,
  • Pilih hard disk dan juga partition type
  • Pilih Advanced
  • Pilih partisi yang akan anda restore
  • Pilih Type,
  • Masukan jenis tipe filesystem sebelumnya
  • Pilih Boot
  • dan pilih RebuildBS
  • List
  • Jika anda dapat melihat file anda maka, pilih Write dan confirm
  • Pada bagian Analyse, pilih “rewrite the partition with the correct partition type“.

Selamat mencoba!

Komentar dari FB

Komentar

3 komentarBeri pendapat
  1. kebetulan.. bangetz.. HD saia gi masalah…

  2. saya juga pernah ga sengaja nge-delete foto, udah gitu harddisknya sampai keformat 3x dengan filesystem yang berbeda, tapi foto2 itu balik semua dengan PhotoRec…. mantap lah tool yg satu ini :D recommended.

  3. bagaimana dengan file dlm CD yang tak dapat terbaca lagi, apakah masih dapat direcover?
    kalau bisa, bagaimana dengan langkah2 menggunakannya?

    thx.

Tuliskan pendapat anda

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

TeknoInfo © 2014 All Rights Reserved

Tek Link indir Tek Link Film indir

Hosted by Bluehost

Powered by WordPress