Tips Merakit PC 2009

Tips Merakit PC (image by: http://nouseforaname.deviantart.com/art/computer-basic-11221010)

PC (image by: http://nouseforaname.deviantart.com/art/computer-basic-11221010)

Kali ini di akhir tahun 2008 ini teknoinfo akan melanjutkan tradisi artikel tips merakit pc nya, yang dimulai dari tahun 2007, 2008 dan sekarang adalah tips merakit pc yang ke 2009, akan memberikan overview bagi anda yang ingin merakit pc di tahun 2009, sebagaimana yang kita ketahui saat ini, Operating System menjadi hal yang sangat penting untuk dibandingkan dengan hardware karena setiap OS mampu memberikan fungsi yang sama selain itu penggunaan hardware yang tepat sesuai fungsi dapat menghemat pengeluaran anda untuk merakit PC yang efektif, ataupun bagi anda yang ingin melakukan upgrade.

Operating System (OS)

Operating system saat ini telah menjadi penentu dari jenis hardware apa yang akan anda gunakan, Saat ini anda Linux hampir berada di bayang bayang windows untuk sisi fungsi yang semakin mudah, selain itu, Mac pun telah masuk jajaran OS ini, walaupun belum resmi dengan menggunakan Unofficial Mac OS yang dimodifikasi.

Microsoft

Vista telah di release dari tahun kemarin yang mana banyak penggunanya tidak meng upgrade ke Vista karena mereka lebih baik bertahan di winXP karena fungsi yang diberikan terkesan lebih tidak praktis dan sarat akan sekuriti tinggi yang tidak praktis. Banyaknya variasi rasa vista menyebabkan banyak user yang bingung untuk membeli produk ini.

Rekomendasi:
Jika anda ingin menggunakan Microsoft, belilah Vista Home Premium, karena Vista ini memiliki feature yang hampir lengkap dengan Vista Ultimate hanya saja tidak memiliki fungsi Drive Encryption dan Bit Locker walaupun harga nya berbeda sekitar 30USD.

Dari sisi fungsionalitas, dan berhemat, menggunakan WinXP Pro dengan SP3 masih tetap yang terbaik, namun jika anda mempertimbangkan desain tampilan dan sekuriti silahkan anda beralih ke Vista.

Namun perlu di ingat, ketika anda menggunakan vista spesifikasi hardware yang akan anda butuhkan pun akan semakin tinggi, karena vista merupakan penambahan fitur yang ada di winXP dan tidak ada perubahan signifikan pada dasar sistem operasinya menyebabkan vista sangat haus akan bus speed dan memory.

Linux

Menggunakan linux mungkin yang menjadi pertimbangan diantara kita adalah penggunaanya yang tidak mudah dan banyak yang harus di konfigurasi dan tidak kita pahami. Menggunakan Linux, tidaklah sesulit yang anda bayangkan saat ini, namun walaupun begitu, memilih distro Linux sendiri membuat anda bingung lagi, dan banyaknya distro linux dan kesulitan mengkonfigurasi hardware membuat linux kurang digemari oleh masyarakat awam.

Bagi anda yang ingin memilih milih linux apa yang cocok untuk anda, anda dapat membuka distrowatch, untuk melihat informasi terakhir dari distro linux dan pengembanganya termasuk fitur fiturnya secara lengkap.

Xandros

Versi Linux yang benar benar mirip dengan Windows adalah Xandros 3 dengan fitur nya yang sudah di kostumasi dengan mudah, anda dapat menginstall aplikasi dengan mudah tersedia online update yang anda tinggal klik dengan mudah, selain itu, didalam OS ini telah dilengkapi beberapa fungsi dasar yang tidak biasa, namun kemudahan yang diberikan OS ini tidak dapat anda dapatkan dengan gratis, karena OS ini berbayar namun tetap lebih worth jika anda memiliki spesifikasi lebih rendah dan menginginkan OS yang lebih murah dari WinXp.

Ubuntu

Hasil pengembangan dari Debian ini telah sukses dan menjadi OS linux gratis yang paling digemari diseluruh dunia. Dengan berbagai kemudahan dan dukungan driver yang mudah OS ini menjadi OS yang termasuk mudah digunakan dalam dunia Linux, bahkan beberapa mini laptop menggunakan dasar Ubuntu untuk membuat OS nya, sebut saja dari Acer dan Asus eepc yang telah sukses meraih pangsa pasar dunia dengan OS gratis ini.

Rekomendasi:
Jika seorang user biasa ingin memulai linux, mulailah dari Ubuntu atau Suse, kedua duanya memiliki kelengkapan informasi yang memadai dan mudah untuk ditelusuri, mulai dari instalasi, update, dan management software dan driver dapat ditangani dengan mudah dengan menggunakan distro ini.

Mac

Secara default apple juga menjual OS nya, dan itu hanya dapat dipergunakan untuk mesin Mac, namun berhubung Mac sekarang menggunakan Processor dari intel juga, ini membuat arsitektur mac dapat dipergunakan di pc biasa, untuk itu banyak para hacker hacker underground memodifikasi kernel mac dan driver nya untuk dapat berjalan di mesin PC dan hasilnya banyak yang berhasil. Sehingga jika anda merencanakan untuk membeli PC dengan OSX dari Mac, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut.

Jika anda tertarik dengan DIY (do it yourself ini) anda dapat mengikuti guide guide yang pernah dibuat orang yang telah berhasil menggunakan Mac di PC mereka diantaranya adalah:

Processor

Berita besar yang paling ditunggu tunggu pada tahun 2009 dalam dunia processor nya adalah Intel Core i7 (yang menggunakan arsitektur “nehalem”) dengan mengimplementasikan arsitektur 32nm, memory controller yang terintegrasi, graphic processor, Tiple channel DDR dan Intel Quick Path Interconnect yang akan menggantikan teknologi Front Side Bus.

Perlu diketahui, Intel Core i7 ini memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga processor ini akan menggunakan Socket yang baru (LGA1366) dan motherboard lama anda tidak akan kompatibel dengan processor ini.

Rekomendasi:
Bagi anda yang telah membeli PC baru pada tahun 2008 sebaiknya anda tidak disarankan membeli yang baru, langkah upgrade akan lebih efisien untuk anda, jangan berkecil hati karena anda masih dapat menikmati teknologi quad core, dan processor sejenis dengan bus yang lebih besar dan cache yang lebih besar, dan menikmati turun nya harga PC periferal anda dalam waktu dekat.

Bagi anda yang ingin membeli PC baru dan ingin menggunakan Intel Processor, sebaiknya anda langsung beralih ke teknologi Core i7 ini (perhatikan dahulu kompabilitas nya jika anda ingin menggunakan OSX mac), teknologi ini memungkinkan anda memiliki umur yang panjang untuk upgrade di waktu mendatang.

Bagi anda yang berencana menggunakan PC untuk aktifitas sehari hari dengan kemampuan memadai pilihan Intel Core2Duo dan AMD Athlon X2 akan menjadi favorit banyak orang karena processor ini diperkirakan harganya akan dibawah USD200, namun jika untuk processor anda memiliki lebih (lebih dari 200$ maka Intel Core2Quad atau AMD Phenom X4 akan memberikan kecepatan yang signifikan.

Sedangkan jika anda adalah seorang gamers atau yang membutuhkan komputasi dengan proses tingkat tinggi, processor tercepat yang cocok untuk anda adalah processor seri Intel Core2Extreme, yang merupakan processor tercepat yang pernah di ciptakan intel.

Memory

Di tahun ini kita di suguhkan dengan kehadiran DDR3 dalam dunia komputasi, namun ini merupakan langkah yang dapat dikatakan “prematur” karena butuh waktu yang cukup lama untuk bermigrasi ke DDR3 karena pengguna PC saat ini masih menggunkan teknologi DDR2 dan harga DDR2 pun masih murah dan masih di produksi.

Bagi anda yang berencana menggunakan AMD, maka ini akan menjadi keuntungan untuk memangkas budget anda, karena teknologi processor terbaru AMD masih menggunakan DDR2 dalam kurun waktu yang cukup lama ke depan, dan anda masih dapat menikmati konfigurasi Dual Channel pada beberapa Motherboard Intel ataupun Amd saat ini.

Bagi anda yang menggunakan Core i7 mungkin anda harus mengadopsi teknologi memory baru ini, dengan begitu anda dapat memanfaatkan teknologi triple channel memory dan meningkatkan kecepatan memory anda.

Ukuran memori

Masalah ukuran memory menjadi dampak yang cukup signifikan untuk dipertimbangkan, untuk mengetahui seberapa besar memory yang anda butuhkan adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Arsitektur processor dan OS yang anda pakai 32bit atau 64bit ? Jika anda menggunakan 32bit jangan ragu untuk menggunakan ram sampai 3GB, sedangkan jika anda menggunakan OS dan processor 64bit anda dapat menikmati kapasitas memory yang lebih besar.
  • Aplikasi yang akan anda gunakan sebaiknya menjadi pertimbangan untuk mengukur RAM anda, misalnya Photoshop, Dreamweaver, office dan aplikasi berat lainya.

Rekomendasi:
Untuk memilih dan mensetting memory komputer anda agar dapat bekerja secara optimal anda perhatikan beberapa pertimbangan berikut ini:

  1. Penuhi slot memory anda ( lebih bagus membeli 4 keping 1GB ram (yang identik) dibanding 2 keping 2gb ram untuk memenuhi slot memory anda sehingga anda dapat mengoptimalkan channel dari slot Dimm anda).
  2. Gunakan memory dengan latency rendah (jika memungkinkan)
  3. Gunakan Memory berdasar kebutuhan minimal OS anda + perkiraan Aplikasi yang akan anda gunakan, Jika anda menggunakan Vista, standar nya anda disarankan menggunakan RAM 2GB, dan jika didalamnya anda akan menggunakan software berat, seperti photoshop, spss, 3dmax dan lainya sebaiknya anda menggunakan diatas 3GB, Untuk Linux, anda cukup menggunakan 1GB, untuk Mac sebaiknya anda menggunakan diatas 2GB.

Storage

Media penyimpanan penggunaanya naik 2x lipat dari tahun sebelumnya, kalau dulu anda cukup memiliki harddisk 320GB, mungkin sekarang tidak, karena banyak material data data dengan ukuran yang besar, seperti MP3, dan Video dengan berbagai jenis qualitas dapat anda simpan, semakin besar kapasitas harddisk anda, maka semakin banyak pilihan anda untuk menyimpan qualitas data anda.

Kehadiran SSD

Banyaknya teknologi SSD muncul di permukaan akan menjadi pertimbangan untuk anda juga, apakah anda harus menggunakan SSD atau tidak, SSD atau yang disebut dengan Solid State Disk ini adalah teknologi penyimpanan dengan menggunakan memory statis, yang dapat menyimpan data walaupun dalam keadaan listrik mati. Pertimbangan menggunakan SSD ini adalah anda akan membayar harga yang cukup mahal untuk disk ini, namun anda akan memperoleh kecepatan membaca disk sangat cepat dibanding disk biasa, saat ini SSD berkisar US$400 untuk kapasitas 128GB.

Rekomendasi:
Untuk masalah disk, sebaiknya anda menggunakan 2 teknologi disk yang terpisah, dipisahkan berdasarkan (1) Operating system dan aplikasi (2) data. Jika anda ingin membeli SSD ini merupakan langkah yang kurang efektif mengingat harganya masih sangat mahal dan teknologi ini sangat baru, sebaiknya anda menggunakan disk dengan kecepatan diatas 10.000RPM untuk OS dan Aplikasi anda dengan kapastias 180GB (sudah memadai) dan menggunakan disk dengan kecepatan 7.200RPM untuk data anda yang besar kapasitasnya anda tentukan sendiri, saat ini disk rata rata sudah menggunakan SATA.

Jika memungkinkan untuk membuat backup, anda dapat membeli 1 disk lagi untuk di Raid, Western digital Raptor adalah disk yang tepat untuk anda jadikan teman sebagai Operating system dan aplikasi anda. dan Seagate memberikan solusi garansi yang panjang untuk disk Data anda.

Optical Drive

Pada tahun 2008 masih gonjang ganjing soal peperangan HD-DVD dan BlueRay Disc yang akhirnya pada tahun ini pemenangnya telah di tentukan dimana BlueRay telah menjadi standard disc dengan qualitas high definition, sehingga dengan begini anda tidak perlu bingung lagi akan produk mana yang akan anda beli.

Pertimbangan membeli DVD Writer biasa atau BlueRay disc dapat diukur dari dua parameter, yaitu:

  • Jika anda menggunakan monitor dengan resolusi 1920×1200 anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan BlueRay disc ini karena anda dapat menikmati video dengan qualitas HD di layar monitor anda.
  • Jika anda membutuhkan solusi backup data dengan kapasitas besar dan memiliki harddisk dengan ukuran yang terbatas.

Disamping harga yang masih mahal, untuk Bluray Combo Drive dan berserta disc nya, mungkin anda dapat mempertimbangkan DVD Burner yang jauh lebih murah, dan saat ini pun telah dilengkapi dengan fitur fitur baru seperti LightScribe dan LabelFlash yang mampu membuat cover disc secara instan dengan DVD khusus.

Rekomendasi:
Untuk ODD ini anda sebaiknya memastikan dahulu jenis monitor yang anda gunakan, jika anda ingin menggunakan LCD dengan resolusi tinggi ada baiknya anda menggunakan BlueRay Combo disc. Jika monitor anda belum dilengkapi dengan teknologi ini, sebaiknya anda berkutat di DVD RW Combo saja untuk DVD-R ini anda dapat melirik LiteOn LH-20A1H karena harganya yang cukup murah dan kualitasnya yang memuaskan dilengkapi dengan LightScribe.

Graphics

Mungkin ini yang ditunggu tunggu oleh anda yang maniak gamers, menentukan GPU yang cocok untuk anda dan dapat memenuhi kebutuhan anda bagaimana ? Bicara soal GPU tentu saja, ini akan menghadirkan 2 kompetitor GPU terbaik dunia, yaitu AMD (ATI) dan NVIDIA, kedua duanya memiliki teknologi yang dapat saling bersaing dari sisi qualitas, feature dan harga, lantas VGA apa yang cocok untuk anda ?

Saat ini card dengan ram 256 mungkin sudah lumrah dan banyak dipakai di PC entry yang digunakan untuk pekerjaan sehari hari, sedangakan GPU dengan ram 512 pun sudah mulai dipasaran, berikut adalah pertimbangan pertimbangan anda untuk membeli VGA.

Rekomendasi:
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memilih VGA adalah:

  • Jenis Operating System anda
    • Jika anda menggunakan Mac, VGA yang cocok untuk anda adalah: ATI Radeon HD 2400 XT, ATI Radeon HD 2600 PRO/XT, ataupun NVIDIA GeForce 8800 GS
    • Jika anda menggunakan Linux, VGA yang cocok untuk anda adalah: Intel Based GPU, NVIDIA Cards seperti: Nvidia 8500GT or the 8600GT, Sedangkan untuk ATI anda perlu berhati hati memilih GPU ini karena keberadaan driver yang agak sulit dibandingkan NVIDIA.
    • Jika anda menggunakan Windows, anda dapat menggunakan hampir semua jenis VGA, jika anda menggunakan Vista sebaiknya VGA anda sudah 256 – 512mb, jika anda membutuhkan yang powerfull maka anda dapat memilih NVIDIA GTX 280 atau Radeon HD 4870X2, jika anda budget anda terbatas dibawah 100US$ maka pilihan yang tepat adalah Radeon HD 4670, dan jika anda tidak memperdulikan Gaming, maka anda dapat gunakan Radeon HD4550.
  • Fungsi pada PC yang akan anda gunakan, Jika anda ingin Multi OS sebaiknya anda memilih kelas NVidia, dan sebaliknya jika tidak menggunakan OS berbasis UNix / Linux, ATI menjadi sahabat anda, jika anda menginginkan All In One (game, office, multimedia) VGA dengan memory tinggi akan lebih baik untuk anda.
  • Ukuran VGA, ketika anda membeli VGA High End, pastikan tidak tersangkut dengan casing anda.
  • Pendingin VGA, Menggunakan passive pendingin lebih baik daripada dengan Kipas, karena kipas memiliki umur maksimum masa waktu dia bekerja.

Display

Memilih display saat ini sudah tentu jawabanya LCD, kenapa memilih LCD ? karena hemat listrik dan tidak memakan tempat, tidak memanaskan suhu ruangan, dan lebih ergonomis, walaupun harganya lebih mahal namun lebih murah dibandingkan dengan biaya pemakaianya.

Apakah CRT tidak menjadi pertimbangan lagi ? tentu tidak, bagi anda yang berprofesi sebagai graphic designer, Monitor CRT masih merupakan idola dan memiliki citarasa sendiri karena range warna nya yang dalam dari monitor CRT memberikan kualitas yang lebih baik ketimbang dengan Monitor LCD

Memilih LCD termasuk gampang gampang susah, namun kami memiliki trik untuk anda bagaimana caranya membeli LCD, sehingga untuk memilih monitor LCD trik nya adalah:

Pilihlah LCD-TFT dengan harga termurah berdasarkan spesifikasi LCD tersebut.

Membicarakan soal spesifikasi LCD ini lah yang perlu anda perhatikan, secara garis besar LCD memiliki beberapa spesifikasi diantaranya dilihat dari:

  • Ukuran skrin yang anda butuhkan (17″, 19″, 20″ ?)
  • Resolusi yang anda perlukan (maximum ? atau standard (1024×768, 1280×1024)? )
  • Response time ( kecepatan image processing di LCD )
  • Contrast Ration ( semakin tinggi semakin bright )

Rekomendasi:
Setalah anda menentukan 4 point ini, anda dapat hunting merk termurah untuk LCD spesifikasi yang anda butuhkan, sehingga hunting LCD akan terasa lebih mudah dalam proses merakit PC anda.

Antara menggunakan Wide Screen atau tidak itu tergantung dengan selera anda, wide screen memberikan kenyamanan anda menikmati media media TV dan lainya, sedangkan normal screen ( dengan perbandingan 4:3) memberikan kenyamanan anda dalam mengatur resolusi standar dalam aplikasi dan game.

Motherboard

Motherboard menjadi pertimbangan terakhir, karena akan menyesuaikan dengan hardware periferal yang akan anda gunakan, untuk itu, dalam memilih motherboard, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan pertimbangkan, yaitu:

  • Pilihlah motherboard yang fitur nya sesuai dengan hardware anda.
  • Gunakan chipset terbaru yang mendukung processor berteknologi lama, maksudnya adalah, jika anda memilih menggunakan processor terbaru seperti Intel Core i7, maka sebaiknya anda perhatikan juga life span kapasitas motherboard anda untuk mendukung processor generasi baru di masa mendatang. Sebaliknya, jika anda menggunakan processor lama, setidaknya anda pertimbangkan dukungan processor tersebut sampai dengan teknologi terakhir sebelum core i7, hal ini juga berlaku untuk AMD.
  • Form factor motherboard anda akan menentukan casing yang akan anda gunakan, pastikan ukuran motherboard anda sesuai dengan casing yang akan anda gunakan.
  • Pilihlah motherboard yang memiliki garansi dan pelayanan yang bagus di tempat anda, untuk hal ini Gigabyte dan Asus dapat menjadi motherboard pilihan anda.

Fitur Fitur motherboard yang harus anda pertimbangkan.

  • Jumlah USB port yang anda butuhkan ? Biasanya Gigabyte dan Asus menjadi pilihan untuk motherboard tipe semacam ini, dan ada yang sampai mensupport sampai 8 USB 2.0 port.
  • Apakah anda membutuhkan Eksternal Serial ATA port dan berapa jumlah SATA dan Ata yang anda butuhkan ? hal ini menyangkut dengan kapasitas harddisk anda yang akan anda gunakan, dan langkah upgrade kedepanya.
  • Apakah anda menginginkan Audio 7.1 ? atau yang biasa ?
  • I/O lain yang anda butuhkan ? misalnya Firewire, Optical output, Dual Ethernet card dan sebagainya.
  • Dukungan overclock ? dengan banyak setting manual di Bios ? Untuk hal ini, Gigabyte, MSI dan dan Abit menjadi pilihan utama.

Rekomendasi:
Bagi anda yang tidak mau pusing memikirkan motherboard yang baik untuk anda, tekno menyarankan agar anda menggunakan GIGABYTE EP45-UD3P sudah merupakan All In One untuk anda, khususnya bagi anda yang ingin menamatkan motherboard anda sampai generasi processor Core i7, karena motherboard ini sudah tidak mensupport Core i7 jika anda ingin upgrade. Sedangkan bagi anda yang menginginkan teknologi terbaru, anda dapat menggunakan yang All in One untuk Core i7 anda, yaitu GA-EX58-EXTREME, mungkin harga nya akan selangit, tapi anda dapat menikmati upgrade yang panjang sampai generasi processor dengan soket ini habis.

Sedangkan jika anda lebih menyukai Asus, anda dapat memilih ASUS P5Q Deluxe dengan dukungan serial ata port sampai 8 port!.

Kenapa Tekno menyarankan untuk memilih Gigabyte ? hal ini sudah terbukti dengan layanan garansi dari Gigabyte dan ada beberapa yang ditangani dengan baik sampai 3 tahun, tergantung dengan jenis motherboard yang anda pilih tentunya.

Lainya

Untuk perangkat lainya, dapat mengikuti budget anda, apakah anda ingin menggunakan wireless keyboard atau laser mouse ? atau juga apakah anda ingin menggunakan Speaker khusus ? dapat diatur sesuai dengan selera anda, setidaknya anda telah memiliki acuan untuk memilih inti dari komputasi dan kenyamanan menggunakan komputer untuk anda.

Kesimpulan

Jika anda ingin menggunakan teknologi terbaru hal ini pastinya akan mengeruk isi kantong anda, sebagaimana yang anda ketahui, minimum hardware requirement dari teknologi baru Intel Processor membuat anda harus membeli banyak perangkat berteknologi baru, sebut saja memory yang harganya belum tentu murah.

Langkah terbaik dan tepat untuk anda dalam memilih hardware adalah pilihlah hardware yang tepat dari sisi fungsional software yang anda gunakan, dengan begini anda dapat meminimalisasi processor, memory, dan tentu saja yang paling mahal, yaitu motherboard,sehingga dengan begini anda tidak akan mengalami kerugian yang besar dalam mengadopsi teknologi, karena menggunakan teknologi terbaru, tampa mengetahui cara memanfaatkanya sama saja anda menjadi budak teknologi dan menyia nyiakan kehadiran teknologi, maka gunakanlah teknologi seperlu yang anda gunakan, selayaknya anda menggunakan air, listrik dan sumberdaya lainya.

Akhir kata TeknoInfo, Selamat merakit!

Komentar dari FB

Komentar

39 komentarBeri pendapat
  1. thx bro

  2. wah…hebat
    sudah merakit berapa komputer mas..???
    hehehe…
    thanks for the info

  3. Hmmm ilmu yang ruwet buatku…tapi why not…try to understand and get your tips…!

  4. nice info :)

    btw,,lam kenal yah :D

  5. sekalian aja sob, tolong di bikinin ramuan hardware yg ok.
    budget 5jt, untuk kantor nih.
    proc AMD aja ……?
    mobo gygabite……?
    mmry kingston 1 g cukup
    dvd rw…..?
    hdd lite on
    psu yg ok…..?
    vga onboard aja
    chasing sembarang….?
    17″ lcd…..?
    speaker gak usah

    bisa ga’?

    • harga? u jual lagi, butuh 5 1- unit. Minta panawaren harga dealer dari harga user 135$ (sesuai Bhineka.com).

  6. wiw..info yg berguna banget..makasih y udah mampir ke blogQ. salam kenal
    dan maksh juga bwt postingan nya yg keren ini..hehe

  7. tunggu dulu, ini blog Raffaell jg? hehe..*baru konek* sukses dech mas hehe

  8. info yang menarik
    duh.. harga dollar udah selangit

  9. wahhhhhhhh mantabbb…mantabbb…

  10. Thx y0w inf0x! Inf0 ne pntg bgt!
    Aq da rencana bwt Gaming PC tp hrgx 3jt-an smpe 4jt-an (dah trmsk m0nit0r), gmn rekomendasi spesifikasix? (VGA non-onboard)

  11. wahaha komplit dah.. hehehhee….

    • mael kau lah bintamg nya
      HAHAHAHAHA:-)

  12. Gile lengkap amir… Thanks for sharing bro… :D

  13. thx, mawarung ikut nimbrung

  14. how complete is it ..
    thx for the info

  15. Wah bagus postnya ini. cocok buat yang newbie yang masih bingung. Nice post gan.

  16. Tips nya OK Bos. Sekedar tambahan aja, power supply pun sangat vital perannya dalam konfigurasi sebuah komputer. Dengan power supply yang bagus (stabil) maka distribusi aliran listrik ke berbagai komponen di CPU menjadi lebih baik.

    Power supply + UPS, akan mencegah masalah yang terkait dengan aliran listrik yang tidak stabil/bermasalah sehingga dapat mengantisipasi rusaknya komponen di dalam CPU.

    • Bener bro, Power supply jadi peranan penting juga, harusnya di apdet nih

  17. kalo udah lengkap semuanya.,..sepertinya ini cocok dibuat sebagai bahan acuan buat orang2 awam yang mau rakit kompie….

    thanks atas infonya..
    salam kenal

  18. keren. bisa nambah ilmu komputer nih :)

  19. wah… asik nih bisa belajar (lagi) ngerakit kompu.. :D

  20. wowww …. ok dehhh!

  21. BOS, AKU MO RAKIT PC UNTUK DATA PROCESSING (NO GRAPIC)
    BUDJED 8 JT AN
    CEPET TAHAN PANAS BISA DIGUNAKAN 4X24 JAM NON STOP
    NO MONITOR, VGA BISA ONBOARD KLO BUGJET <us$50 GPPLAH
    RENCANA OS XP
    BISA DI EMAIL KE publicfolder@rocketmail.com

    Regards….

  22. Info yang sangat bagus mas..,tp sumpah..aku ra mudeng..

  23. joz tenan….
    tpi lebaran kpan q sa beli….
    pke pentium III dlu ajah….
    pling bwt bord excel…
    dpet rejeki upgrade lgsung ke Core i7

  24. Mantep mas infonya, terima kasih sangat membantu. Tapi lebih mantep lagi klw pake’ picture biar ya awam lebih paham.

    • Ide yang bagus mas, untuk tahun besok saya update pakai gambar dan step paling dasar…

  25. Boz, aku mo ngrakit kompi…
    budjet max 4jt…
    buat anak kuliahan…

    specnya:

    processor intel dual core E5200 (2.5Ghz) 800,C2Mb Box aja…
    memori 2 Gb…
    HD 250 Gb…
    DVD-RW…
    monitor 15”…
    casing+keyboard+mouse+speaker…
    vga onboard aja…

    kira2 mobo yang sesuai apa ya?!biar ga ngelebihin budjet gitu…
    klo pake Gigabyte GA-G31M-ES2L (G31,1333/1066/800,DC D2 800,PCX,V,Gbe) cocok ga?!…

    tolong bales ke: saputroaji_ohitsujiza@yahoo.co.id

    makasih bgt buat bantuannya…

    • Mas Aji,
      Jika memang anda ingin membeli komputer dan tidak ada rencana untuk mengupgrade teknologinya GA-G31M-ES2L sudah mencukupi untuk anda, setidaknya anda masih bisa mengupgrade processornya ke 45nm punya 4 sata 4 usb port, untuk standard pc sudah mencukupi kok, dan bisa menggunakan 1066 memory, untuk itu musti pakai pendingin yang bagusan sedikit karena mobo ini itunganya oc.

  26. q mw rakit komputer
    boat game + grafis 3D juga
    coreldraw,adobe photoshop,auto Cad, 3D max, dsbg

    q niatna mau pake
    MB : DFI LANPARTY DK 790FX-M2RS AM2 + / AM2 AMD 790FX ATX ?
    atau
    M3A-H/HDMI ASUS AM2 + / AM2 AMD 780G HDMI ATX AMD Motherboard ?
    RAM : Corsair dominator 4 GB
    VGA : Gecube GC-HD4870X2-G3 ?
    atau
    Gecube 4890 ?
    Proc : AMD Phenom II X4 955
    HD : WD 160GB 10k RPM
    casing: i cute

    kira” Power Supply ma UPS na pake apa?
    terlalu mahal gak komputer dengan spesifikasi tersebut ?

  27. Nice info, bahasannya aktual utk kondisi produk saat ini.

    Masih menantikan Intel Core i3 ….

  28. Bos, ane mo minta tolong nih. ane mo ngerakit komputer yg rada bagus lah. ane udah beli motherboard ecs type amd A780GM-A sama procecornya Athlon X2 7750. yang mo saya tanyakan : memorynya yang bagus pakenya berapa banyak, krn di slotnya ada 4, jenisnya ddr2 sama psu nya yang bagus pake psu buatan apa/ berapa watt cukupnya? masih harus ditambah vga card nya nga? krn sudah ada on boardnya. kemungkinan buat main game sejenis battlefield dll sama buat ngedit photo ?
    mudah-mudahan si mas berkenan menjawabnya. kalo bisa kirim ke email saya diatas.
    terima kasih atas ilmunya.

  29. wah. . thx yowh brow. .nie info mmbntu bgtz. . n smg tmbah mju jah. . cayoo. . ^-^

  30. wah, infonya komplit. thanks gan

  31. kelebihan motherboard ngak ada ya

Tuliskan pendapat anda

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

TeknoInfo © 2014 All Rights Reserved

Tek Link indir Tek Link Film indir

Hosted by Bluehost

Powered by WordPress