Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan! Biar Bunda Bisa Tampil Percaya Diri

Melahirkan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu para ibu. Sayangnya dibalik momen bahagia tersebut, Bunda akan mengalami masalah bentuk badan. Salah satunya adalah perut buncit seperti masih hamil. “Loh sudah melahirkan kok perut masih buncit?”

Sebenarnya, apa sih penyebabnya? Dikutip dari laman What to Expect, penyebab perut masih terlihat buncit pasca melahirkan dikarenakan rahim yang masih membesar. Normalnya akan menyusut dalam waktu sekitar 6 minggu hingga mencapai ukuran semula.

Meskipun setelah proses tersebut lingkar perut menurun, tapi perut tidak bisa 100% kembali ke ukuran normal. Itulah mengapa banyak Bunda yang mencari berbagai macam cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Jika Bunda salah satunya, yuk simak beberapa cara dibawah ini:

5 CARA MENGECILKAN PERUT SETELAH MELAHIRKAN

Menurut dr Michael Triangto, SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran sangat sulit bagi ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuhnya pada ukuran semula. Menurutnya, tidak ada cara instan untuk mengembalikan bentuk tubuh hanya dalam hitungan jam.

Meskipun begitu, Bunda masih bisa mengupayakan agar perut bisa kembali ramping pasca melahirkan. Tentunya, membutuhkan waktu dan kedisiplinan yang kuat. Berikut 5 cara mengecilkan perut setelah melahirkan :

  1. Menyusui Si Kecil

Salah satu cara paling mudah tapi efektif merampingkan perut buncit setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Jangan sampai cara yang satu ini terlewatkan ya Bun! Sebab, selain dapat membantu mengecilkan perut, menyusui juga sangat bermanfaat bagi si kecil.

Penelitian dari American Pregnancy Association menyatakan bahwa ibu yang baru melahirkan kemudian menyusui diperkirakan dapat membakar sekitar 425 hingga 700 kalori setiap harinya. Penurunan berat badan bisa mencapai 2x lipat dibandingkan Bunda yang tidak menyusui loh!

Tak hanya menurunkan berat badan, menyusui juga dapat membuat perut Bunda menjadi lebih ramping. Karena hormon oksitosin yang dikeluarkan pada saat menyusui dapat mempercepat rahim kembali ke ukuran semula.

Jadi jika ingin mengecilkan perut pasca melahirkan pastikan Bunda menyusui si kecil secara teratur selama 6 bulan. Agar hasilnya lebih maksimal, tetap imbangi dengan makanan dan pola hidup yang sehat ya Bun!

  1. Menjaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan sangatlah penting untuk membantu merampingkan perut pasca melahirkan. Karena akan menjadi percuma jika Bunda melakukan berbagai macam cara, tapi tidak diimbangi dengan asupan makanan yang tepat.

Menjaga asupan makan yang dimaksut disini bukan melakukan diet ketat ya Bun! sebab diet ketat justru akan membuat Bunda stress, kelaparan, lelah, dan mengurangi produksi ASI. Alhasil sang buah hati tidak dapat mendapatkan nutrisi yang baik karena Bunda kekurangan asupan gizi.

Lantas makanan seperti apa yang harus Bunda konsumsi? Bunda dapat mengkonsumsi buah-buahan, protein, karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, biji-bijian, sayuran, dan makanan tinggi serat lainnya yang dapat membantu Bunda kenyang lebih lama. Makanlah dengan porsi yang lebih kecil tapi sering ya Bun, selain itu hindari makanan junk food atau cepat saji.

  1. Olahraga Teratur

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Eits, tapi jangan melakukan olahraga sembarangan ya! Sebab tubuh masih dalam masa pemulihan. Menurut Ahli di National Health Service (NHS) UK, jika melahirkan secara normal, Bunda dapat melakukan olahraga saat tubuh sudah terasa fit dan bugar.

Olahraga yang dapat Bunda lakukan pasca melahirkan antara lain berjalan, senam kegel, latihan pernafasan perut, squat sambil menggendong si kecil, dan berbaring sambil mengangkat kepala. Tidak perlu banyak waktu luang, cukup 10 menit perhari Bunda akan memperoleh banyak manfaatnya.

Namun, jika Bunda melahirkan secara caesar, biasanya akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Oleh sebab itu, Bunda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga secara teratur.

  1. Minum Banyak Air Putih

Meskipun setelah melahirkan aktivitas Bunda bertambah, jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Hal ini dapat membuat Bunda merasa kenyang dan mencegah dehidrasi.

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab Bunda kelelahan dan kurang berstamina. Selain itu, jika asupan cairan Bunda sedikit kemungkinan produksi ASI akan terhambat sehingga dapat mempengaruhi asupan nutrisi si kecil.

Para ahli mengatakan Bunda harus memenuhi asupan cairan yang cukup untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Hindari minuman yang mengandung soda, alkohol, dan gula yang terlalu banyak.

  1. Menggunakan Korset Khusus

Menggunakan Korset juga termasuk salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Seorang ginekolog di Beverly Hills, California bernama Jay Goldberg mengungkapkan, korset yang digunakan pasca melahirkan berfungsi untuk mengikat perut dalam waktu yang lama. Selain untuk mengatasi masalah perut dan punggung, korset juga sangat berguna untuk membentuk postur perut pasca melahirkan caesar.

Namun, tentunya tidak sembarang korset dapat Bunda gunakan. Sebab, menggunakan korset yang salah justru dapat menghambat proses pemulihan. Lantas korset seperti apa yang dapat membantu bunda mengatasi masalah perut buncit? berikut ciri-cirinya:

  • Mudah Digunakan

Pilihlah korset yang mudah digunakan, karena kondisi tubuh pasca melahirkan cenderung tidak stabil. Bunda akan merasa lemas dan nyeri diseluruh bagian tubuh khususnya perut. Bahkan nyeri seperti kontraksi sesekali akan bunda rasakan karena rahim sedang dalam pemulihan.

Menggunakan korset yang ribet seperti stagen atau bengkung justru akan membuat rasa nyeri semakin parah karena saat menggunakan Bunda akan melakukan banyak gerakan yang membuat tubuh terasa nyeri. Untuk itu pilihlah korset mudah digunakan bahkan dalam hitungan detik.

  • Terbuat dari Bahan yang Nyaman

Setelah melahirkan perut menjadi sangat sensitif, apalagi setelah melahirkan caesar. Rasa tidak nyaman seperti nyeri, gatal-gatal, dan iritasi pasti akan Bunda rasakan.

Oleh karena itu, sangat penting memilih korset yang terbuat dari bahan lembut, halus, dan dapat menyerap keringat agar lebih nyaman dan betah saat menggunakannya.

  • Tidak Menekan dan Sesak

Rata-rata korset di luar sana didesain sesak dan menekan. Tujuannya agar perut dapat terikat sempurna sehingga bisa mengoptimalkan perut agar kembali ramping.

Sayangnya, menggunakan korset yang menekan dan sesak pasca melahirkan sangat tidak dianjurkan. Karena dapat memperparah rasa nyeri dan memperlambat proses pemulihan. Apalagi jika Bunda melahirkan secara caesar.

  • Tidak Mengenai Luka Caesar

Menggunakan korset yang mengenai luka caesar sangat tidak direkomendasikan ya Bun! Sebab, dapat memperlambat proses pengeringan. Parahnya, dapat membuat luka membusuk dan jahitan lepas jika korset yang Bunda gunakan sangatlah menekan. Jika sudah begini segera hentikan penggunaan korset ya Bun!

4 ciri-ciri korset di atas dapat Bunda temukan di Korset Postpartum Zaraya , karena korset ini memang didesain khusus agar EFEKTIF mengecilkan perut pasca melahirkan.

Itulah 5 cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat Bunda terapkan.  Dengan cara-cara tersebut semoga dapat membantu Bunda mengembalikan rasa percaya diri. Pastikan Bunda melakukan cara yang tepat agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan Bunda dan si kecil.

Leave a Comment